Semakin berkembangnya zaman maka akan semakin
berkembang juga teknologi yang digunakan. Dengan semakin berkembangnya
teknologi maka akan mempermudah manusia dalam melakukan segala aktivitasnya.
Dengan
memanfaatkan teknologi yaitu mesin fotocopy, maka usaha membuka bisnis fotocopy
bisa dijadikan salah satu pilihan bisnis yang cukup menjanjikan. Nama usaha
kami adalah “Lancar Jaya Fotocopy”. Untuk memulai sebuah perencanaan dalam
membuka usaha fotocopy,terlebih dahulu kita harus menganalisi 3 strategi pemasaran yaitu Segmentasi, Targeting, dan Positioning.
1. Segmentasi
Segmentasi Geografis
Lokasi yang akan kami tempati dalam usaha
ini yaitu di Jalan Inspeksi Kali Sunter (Daerah Jakarta Utara), dimana didaerah
tersebut dekat dengan SMP Jembatan Baru, Perkantoran dan pemukiman penduduk.
Segmentasi Demografis
Usaha fotocopy ini dibutuhkan
oleh semua kalangan dari tua-muda, kalangan atas-bawah,
hampir di semua daerah membutuhkan usaha Fotocopy. Sasaran utamanya
adalah para pelajar SMP Jembatan Baru, Karyawan perkantoran di daerah sekitar
maupun masyarakat sekitar yang membutuhkan jasa fotocopy untuk menyalin
dokumen, menscane dokumen, nge-print dokumen, menjilid dokumen dan membeli
perlengkapan sekolah atau kantor seperti buku, pensil, pulpen, spidol, map,
penghapus, lem dan berbagai macam ATK lainnya.
Segmentasi Psikografis
Secara psikografis, usaha fotocopy ini tidak
memandang orang berdasarkan kelas social, gaya hidup, maupun kepribadian
seseorang, semua kalangan yang membutuhkan jasa fotocopy bisa menjadi konsumen
pada usaha kami.
2. Targeting
Segmen pasar usaha
fotocopy ini yaitu:
a.
Pelajar
Salah satu target
utama dari “Lancar Jaya Focopy” yaitu pelajar SMP Jembatan Baru, karena pelajar
sangat membutuhkan usaha fotocopy untuk menyalin dokumen, print dokumen, scan
dokumen, laminating dan membeli perlengkapan sekolah yang dibutuhkan. Contohnya
saja sekarang ini banyak pelajar yang lebih memilih memfotocopy buku daripada
membeli bukunya.
b.
Karyawan Perkantoran
Dengan dekatnya
lokasi “Lancar Jaya Fotocopy” dengan Perkantoran memungkinkan para karyawan
yang membutuhkan jasa fotocopy ini dengan mudah mendapat pelayanan dari kami.
c.
Masyarakat Sekitar
Karena belum adanya
usaha fotocopy disekitar pemukiman penduduk, maka dengan mudah masyarakat bisa
mendapatkan pelayanan fotocopy dari kami.
3. Positioning
Market Leader
Pada usaha focopy ini, jasa yang sering
diminta oleh konsumen adalah jasa fotocopy (menyalin banyak dokumen). Karena
memang aktivitas utama dari usaha ini adalah memfotocopy dokumen, dan kami
selalu memberi pelayanan yang terbaik buat para konsumen dengan memberikan
tempat yang aman dan nyaman yaitu dengan ruangan yang bersuhu dingin atau
menggunakan ac agar para konsumen tidak kepanasan dalam menunggu, memberikan
kualitas yang terbaik serta harga yang ditawarkan relatif murah. Sehingga para
konsumenpun akan mempercayai kami dengan datang lagi ke toko kami.
Market Challeger
Karena masih kurangnya usaha sejenis yang
ada di daerah sekitar sehingga pesaing didalam pasar tidak terlalu berpengaruh
pada jalannya usaha kami. Hal ini kami manfaatkan dengan baik yaitu selalu
memberi pelayanan yang terbaik kepada pelanggan agar tetap menjadi konsumen
kami. Dengan dikitnya pesaing membuat pendapatan kami serta keuntungan yang
kami peroleh semakin besar. Tetapi kami juga harus waspada jikalau muncul
saingan yang ada di dearah sekitar.
Slogan
Slogan dari usaha fotocopy kami yaitu “Berkualitas,
Cepat, Murah dan Nyaman”. Artinya adalah bahwa pelayanan yang diberikan
langsung oleh tenaga yang sudah ahlinya sehingga hasil yang didapatkan sesuai
dengan yang diminta, cepat dan tanggap dalam melayani, harga yang diberikan
relatif murah serta tempat/ruangan AC yang membuat konsumen nyaman jika
berkunjung ke Toko “Lancar Jaya Fotocopy”
Sumber:
http://ahdasaifulaziz.blogspot.com/2011/06/studi-kelayakan-bisnis-fotocopy-mantab.html

Tidak ada komentar:
Posting Komentar