Minggu, 16 November 2014

Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) "Lancar Jaya Fotocopy"



Semakin berkembangnya zaman maka akan semakin berkembang juga teknologi yang digunakan. Dengan semakin berkembangnya teknologi maka akan mempermudah manusia dalam melakukan segala aktivitasnya. Dengan memanfaatkan teknologi yaitu mesin fotocopy, maka usaha membuka bisnis fotocopy bisa dijadikan salah satu pilihan bisnis yang cukup menjanjikan. Nama usaha kami adalah “Lancar Jaya Fotocopy”. Untuk memulai sebuah perencanaan dalam membuka usaha fotocopy,terlebih dahulu kita harus menganalisi 3 strategi pemasaran yaitu Segmentasi, Targeting, dan Positioning.

 1. Segmentasi

     Segmentasi Geografis 

Lokasi yang akan kami tempati dalam usaha ini yaitu di Jalan Inspeksi Kali Sunter (Daerah Jakarta Utara), dimana didaerah tersebut dekat dengan SMP Jembatan Baru, Perkantoran dan pemukiman penduduk.
      
   Segmentasi Demografis

Usaha fotocopy ini dibutuhkan oleh semua kalangan dari tua-muda, kalangan atas-bawah, hampir di semua daerah membutuhkan usaha Fotocopy. Sasaran utamanya adalah para pelajar SMP Jembatan Baru, Karyawan perkantoran di daerah sekitar maupun masyarakat sekitar yang membutuhkan jasa fotocopy untuk menyalin dokumen, menscane dokumen, nge-print dokumen, menjilid dokumen dan membeli perlengkapan sekolah atau kantor seperti buku, pensil, pulpen, spidol, map, penghapus, lem dan berbagai macam ATK lainnya.

  Segmentasi Psikografis
     Secara psikografis, usaha fotocopy ini tidak memandang orang berdasarkan kelas social, gaya hidup, maupun kepribadian seseorang, semua kalangan yang membutuhkan jasa fotocopy bisa menjadi konsumen pada usaha kami.
 

 2. Targeting

Segmen pasar usaha fotocopy ini yaitu:

a.       Pelajar
Salah satu target utama dari “Lancar Jaya Focopy” yaitu pelajar SMP Jembatan Baru, karena pelajar sangat membutuhkan usaha fotocopy untuk menyalin dokumen, print dokumen, scan dokumen, laminating dan membeli perlengkapan sekolah yang dibutuhkan. Contohnya saja sekarang ini banyak pelajar yang lebih memilih memfotocopy buku daripada membeli bukunya.

b.      Karyawan Perkantoran
Dengan dekatnya lokasi “Lancar Jaya Fotocopy” dengan Perkantoran memungkinkan para karyawan yang membutuhkan jasa fotocopy ini dengan mudah mendapat pelayanan dari kami.

c.       Masyarakat Sekitar
Karena belum adanya usaha fotocopy disekitar pemukiman penduduk, maka dengan mudah masyarakat bisa mendapatkan pelayanan fotocopy dari kami.

 3. Positioning

 
Market Leader 

Pada usaha focopy ini, jasa yang sering diminta oleh konsumen adalah jasa fotocopy (menyalin banyak dokumen). Karena memang aktivitas utama dari usaha ini adalah memfotocopy dokumen, dan kami selalu memberi pelayanan yang terbaik buat para konsumen dengan memberikan tempat yang aman dan nyaman yaitu dengan ruangan yang bersuhu dingin atau menggunakan ac agar para konsumen tidak kepanasan dalam menunggu, memberikan kualitas yang terbaik serta harga yang ditawarkan relatif murah. Sehingga para konsumenpun akan mempercayai kami dengan datang lagi ke toko kami.
  
 Market Challeger

Karena masih kurangnya usaha sejenis yang ada di daerah sekitar sehingga pesaing didalam pasar tidak terlalu berpengaruh pada jalannya usaha kami. Hal ini kami manfaatkan dengan baik yaitu selalu memberi pelayanan yang terbaik kepada pelanggan agar tetap menjadi konsumen kami. Dengan dikitnya pesaing membuat pendapatan kami serta keuntungan yang kami peroleh semakin besar. Tetapi kami juga harus waspada jikalau muncul saingan yang ada di dearah sekitar.

 Slogan 

Slogan dari usaha fotocopy kami yaitu “Berkualitas, Cepat, Murah dan Nyaman”. Artinya adalah bahwa pelayanan yang diberikan langsung oleh tenaga yang sudah ahlinya sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diminta, cepat dan tanggap dalam melayani, harga yang diberikan relatif murah serta tempat/ruangan AC yang membuat konsumen nyaman jika berkunjung ke Toko “Lancar Jaya Fotocopy”


Sumber:
http://ahdasaifulaziz.blogspot.com/2011/06/studi-kelayakan-bisnis-fotocopy-mantab.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar